Breaking

Monday, January 9, 2017

Ujung Aspal Wanayasa Purwakarta (BUKIT PINUS PANYAWANGAN)

Kali ini kami akan membahas tentang  eksplorasi Bukit Pinus Panyawang atau Ujung Aspal Wanayasa Purwakarta yang mungkin tidak asing lagi bagi yang sudah pernah mengunjunginya. Bagi  yang belum pernah dan ingin mengunjunginya kami akan membahas sebagai informasi sebelumnya tentang Keindahan Alamnya tentu akan kami selipkan traffick atau jalan untuk menuju Bukit Pinus Panyawangan,Ujung Aspal Wanayasa.

Pohon Pinus di Ujung Aspal - Foto by Nald
Sekilas tentang wanayasa sebuah kecamatan  yang ada di Kabupaten Purwakarta memiliki alam yang eksotis sebuah daratan tinggi dan juga sebagian pegunungan yang menghubungkan 3 Kabupaten yaitu Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung,dan Kabupaten Subang.

Panorama di Wanayasa  - Foto by Nald


Tentang Bukit Panyawang Ujung Aspal

Bukit Pinus Panyawangan ujung asapal merupakan alam wisata yg berada di Kecamatan Wanayasa dan kiara pedes desa legok barong kp.pasirmuncang, Kabupaten Purwakarta,mungkin wisata ini masih merupakan wisata baru yang ada di Kabupaten Purwakarta.Bukit Pinus Panyawangan ujung aspal adalah sebuah pengembangan dari lahan pinus hutan pinus milik Perhutani yang  bekerjasama dengan LMDH dan para tokoh-tokoh masyarakat dan Karang taruna wilayah setempat.
Kawasan wisata ini diresmikan pada tanggal 23 Maret 2016 oleh Bupati Purwakarta H.Dedi Mulyadi,S.H.Sebelum di resmikan Nama obyek wisata ini sebelumnya adalah Pasir Panyawangan  oleh Bupati Purwakarta H.Dedi Mulyadi,S.H.Tetapi dengan berjalannya waktu Pihak Perhutani memberi saran atau masukan untuk pemberian nama Obyek wisata ini dari nama  Bukit Pasir Panyawangan menjadi Bukit Pinus Panyawangan,dan akhirnya semua pihak menyepakati perubahan nama menjadi obyek wisata Bukit Pinus Panyawangan .

Area Wisata Ujung Aspal - Wanayasa - Foto by Nald

Area Wisata Ujung Aspal - Wanayasa - Foto by Nald

Di sekitaran kawasan wisata Bukit Pinus Panyawanagan ini adalah merupakan sebuah hutan pinus yang sudah tertata rapi dan berbukit-bukit menjulang keatas dengan suasana yang sungguh eksotis alami pegunungan dengan suguhan alam Bukit Pinus Panyawangan memanjakan mata memandang mengubah daya pikir menjadi fresh dan tubuh pun  menjadi relax,di hembuskan dengan udara asli pegunungan yang sejuk menemani suasana menyatu dengan alam.

Terkadang disekitaran wisata Bukit Pinus Panyawangan ini pun di selimuti kabut di pagi hari dan sore hari.tetapi tidak usah khawatir,disini juga tersedia warung dengan dekorasi bangunan nya masih alami dan menyediakan minuman hangat serta makanan siap saji seperti  mie instan anda pun bisa memesan segelas kopi hangat,teh hangat ataupun makan seperti mie rebus dan mie goreng,adapun makanan lainnya dan makanan ringan lainya dengan Harga terjangkau seperti biasanya.tidak membuat shok terapi hahahahha. 
Obyek Wisata Bukit Pinus Panyawangan inipun menyedialkan area seperti,Pusakamulya Bike Park dan Camping Ground. Area Pusakamulya bike park bisa anda gunakan berselancar menggunakan sepeda gunung bersama teman,sahabat,keluarga,dan komunitas dengan rute jalur yang eksotis memiliki panjang rute jalur kisaran  kurang lebih 2000 meter dari puncak .Camping Ground tempat perkemahan yang bisa anda gunakan untuk berkemah mengisi liburan dengan teman-teman,sahabat,dan juga keluarga.
Bukit pinus Panyawangan juga melengkapi fasilitas Mushola dan Toilet yang bersih dan air bersih yang cukup membuat  tubuh anda kembali segar dengan keadaan suhu air yang dingin alami pegunungan.
Selain camping ground dan pusaka mulya bike park Bukit Pinus Panyawangan juga memiliki didalamnya 3 ( tiga ) wisata lainnya,yang mengisi eksplorasi Wisata ini.

 

1.Curug Pamoyanan

2.Curug cimanahrasa


3.Goa jepang


Goa Jepang - Foto by Nald

Rute menuju Bukit Pinus Panyawangan ( Ujung Aspal Wanayasa Purwakarta )

Nama kecamatan wanayasa mungkin tidak lazim lagi bagi yang sering bereksplorasi wisata alam,kecamatan yang ada terletak di kabupaten purwakarta ini yang dapat  menghubungkan tiga kabupaten yakni; Kab.Purwakarta,Kab.Bandung, dan Kab.Subang,jarak tempuh  Purwakarta kota – wanayasa kisaran 25 Km dari pusat kota Purwakarta atau kiasaran waktu menempuh hingga 1jam jarak tempuh anda akan menemui situ wanayasa

Situ Wanayasa - Foto by Nald
Setelah anda menememui situ wanayasa,lurus  kisaran jarak 200 meter anda akan menemui pertigaan jalur menuju Jalan Cagak dan Bojong Sawit

Pertigaan Sawit - Cagak - Wanayasa - Foto by Nald

Anda tinggal belok kiri menuju jalan cagak,anda tinggal ikuti jalur sekitar 20 menit atau dengan jarak kisaran 1,5 kilometer anda akan menemui sekolah dasar sebelah kanan jalan/jalur anda.

SDN 2 Pusaka Mulya - Foto by Nald
Setelah menemui Sekolah Dasar Negri Pusaka Mulya kisaran 15 meter pada belokan sebelah kanan akan terlihat Gang yang agak lebar menuju Curug Cijalu

Gang Masuk ke Wisata Ujung Aspal - Foto by Nald
Anda tinggal ambil kanan masuk Gang lurus saja menuju arah Bukit Pinus Panyawangan,tetapi anda harus berhati-hati karena struktur jalan mengecil agar dapat menstabilkan laju kendaraan dengan keadaan jalan/jalur.didepan anda akan menemui pertigaan yang menju 2 ( dua ) arah tempat wisata,

Akses Jalan ke Ujung Aspal - Foto by Nald
Anda tinggal ambil lurus saja untuk menuju Bukit Pinus Panyawangan.stabilkan kendaraan anda karena masih banyak beberapa ratus meter pertigaan yang akan anda lalui di depan perjalanan anda.tetapi tidak usah khawatir kami akan memberikan beberapa penampakan yang akan anda lalui di beberapa pertigaan,yang tinggal anda ikuti.

Akses Jalan ke Ujung Aspal - Foto by Nald
Anda bisa ambil  kiri menuju ujung aspal ( Bukit Pinus Panyawangan )

Akses Jalan ke Ujung Aspal - Foto by Nald
Anda bisa ambil lurus jalan menuju ujung aspal ( Bukit Pinus Panyawangan )

Akses Jalan ke Ujung Aspal - Foto by Nald
Anda bisa ambil lurus jalan sebenarnya agak serong kanan dikit menuju ujung aspal ( Bukit Pinus Panyawangan )

Akses Jalan ke Ujung Aspal - Foto by Nald
Anda bisa ambil lurus jalan menuju ujung aspal ( Bukit Pinus Panyawangan )

Gerbang Masuk ke Ujung Aspal - Foto by Nald
Anda akan menemui pintu gerbang Bukit Pinus Panyawangan,untuk mengambil tiket perorangan sebesar Rp.5000/orang.Anak-anak gratis di bawah 5 tahun.untuk bereksplorasi keindahan alam pegunungan.
Lahan Parkir Ujung Aspal - Foto by Nald

Lahan parkir kendaraan Wisata Bukit Pinus Panyawangan ini pun cukup terbilang lumayan luas cukup dengan kapasitas kisaran 20 kendaraan roda empat dan untuk roda dua kisaran kurang lebih 100 kendaraan dan selebih nya ada beberapa team juru parkir yang akan mengalokasikan dengan kapasitasnya. Tempat ini, (Bukit Pinus Panyawangan) mungkin bisa menjadi salah satu wisata alam alternatif yang menarik bagi anda. Silahkan kunjungi dan eksplorasikan serta rasakan suasana eksotis yang ada di  wisata Bukit Pinus Panyawangan.tetap jaga kebersihan alam dan kesopanan dimanapun berada.

 

Saran

Jika anda berminat untuk datang sebaiknya memastikan untuk mengisi bahan bakar sebelum sampai ke lokasi, setahu saya tidak ada Pom Bensin resmi di dekat lokasi wisata ini, Lokasi Pom terakhir jika anda datang dari Kabupaten Purwakarta ada di wilayah wanayasa sebelum situ wanayasa. Selain itu ada baiknya jika anda membawa baju ganti dan menjaga anak anak anda (jika masih kecil, karena wilayah yang sangat luas, safety yang belum memadai serta secara geografis kawasan wisata ujung aspal ini terletak di Gunung Burangrang, akan lebih baik jika anda mengawasi anak-anak secara ekstra. Selamat Berlibur

2 comments: